Aksi Nyata Agen Perubahan Deputi SDM Aparatur

Dipublikasikan pada:
29 July, 2024
Bagikan artikel:
Agen Perubahan BerAKHLAK
Aksi Nyata Agen Perubahan Deputi SDM Aparatur

Benny Alexander dan Emyr Syahputra Prakasa, Agen Perubahan Deputi SDM Aparatur, menginisiasi kegiatan "Penerapan Nilai BerAKHLAK melalui Strategi dan Aksi Nyata Agen Perubahan Deputi SDM Aparatur Tahun 2024" pada hari Kamis dan Jumat, 25-26 Juli 2024. Kegiatan ini dibuka oleh Diah Faras selaku Koordinator Agen Perubahan Deputi SDM Aparatur sekaligus Sekretaris Deputi SDM Aparatur dan dihadiri oleh perwakilan tiap unit kerja pada Deputi SDM Aparatur, Biro Manajemen Kinerja dan Kerja Sama, serta Biro Umum dan Keuangan.

Pada hari pertama sesi pagi, acara berupa penguatan kompetensi terhadap penerapan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK dalam bentuk pelatihan. Semua peserta antusias dalam menyimak materi, diskusi, dan praktik. Adapun praktik dilakukan dalam tim dengan harapan dapat meningkatkan kerja sama, kreativitas, dapat diandalkan, saling membantu dan lainnya, sebagai bagian dari nilai BerAKHLAK. Sedangkan pada sesi siang, acara khusus diskusi program perubahan Agen Perubahan Deputi SDM Aparatur mengenai Pengelolaan Kebersihan Unit Kerja. 

 

Pada hari kedua, dilakukan sharing knowledge dari Kementerian Keuangan mengenai pengelolaan Agen Perubahan. Kementerian Keuangan dengan cakupan layanan yang lebih luas memiliki tingkatan dalam pengelolaan Agen Perubahan. Seluruh pengelola dari pusat, unit eselon I, hingga Agen Perubahan itu sendiri hadir dalam kegiatan. 

Central Transformation Office (CTO) selaku manajemen perubahan Kementerian Keuangan, yang diwakili oleh Arie, memiliki tugas dalam memastikan, mengawal, dan mendorong implementasi inisitif-inisiatif strategis, menyampaikan materi tentang bagaimana pengelolaan Agen Perubahan Kementerian Keuangan dari sudut pandang kantor pusat. Lebih lanjut Project Management Office (PMO) yang terdapat pada setiap Unit Eselon I Kementerian Keuangan selaku pelaksana perubahan diwakili oleh PMO Direktorat Jenderal Perbendaharaan, yang diwakili oleh Riska dan Intan, menyampaikan perannya dalam mengelola perubahan pada unit Eselon I. Selanjutnya perwakilan Change Agent dari Duta Transformasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, yang diwakili oleh Jordan, menyampaikan teknis pelaksanaan perubahan.

Diskusi dan tanya jawab berlangsung aktif dan hangat. 


Berita Lainnya

Selengkapnya