TRANSFORMASI DIGITAL APA ITU DAN PENTINGKAH ?

Dipublikasikan pada:
19 March, 2024
Bagikan artikel:
transformasidigital
TRANSFORMASI DIGITAL APA ITU DAN PENTINGKAH ?

Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara drastis mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan. Ungkapan ini telah menjadi hal yang umum di era digitalisasi. Itu karena setiap organisasi – terlepas dari ukuran atau industrinya – semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan. Transformasi digital juga harus mampu meningkatkan kinerja para pegawai menjadi lebih efektif dan efisien, tanpa ada batasan jarak dan waktu, kapanpun dimanapun berada tetap bisa terjalin komunikasi antar unit yang ada

Meskipun teknologi komputer telah ada selama beberapa dekade, konsep transformasi digital relatif baru. Konsep ini hadir pada 1990-an dengan diperkenalkannya internet mainstream. Sejak itu, kemampuan untuk mengubah bentuk tradisional media (seperti dokumen dan foto) menjadi satu dan nol telah memudar di tengah pentingnya hal yang dibawa oleh teknologi digital kepada masyarakat. Hari ini, digitalisasi menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita, memengaruhi cara kita bekerja, berbelanja, bepergian, mendidik, mengelola, dan hidup.

Baru-baru ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui Deputi Kelembagaan da Tata laksana (BALAKS) menghadiri seminar nasional dalam rangka Dies Natalis ke-68 (IPDN), di Gedung Balairung Rudini IPDN Jatinangor, Kamis (07/03).

Dalam penyampaian di depan forum, Nanik  Murwati selaku Deputi BALAKS menyampaikan penataan dan penyederhanaan proses bisnis serta perubahan pola dan budaya kerja digital menjadi aspek penting dalam perjalanan Reformasi Birokrasi berdampak melalui transformasi digital dan pemerintah tengah menjalankan RB Tematik sebagai upaya percepatan reformasi yang berujung pada perbaikan pelayanan publik. Keseluruhan area tematik tersebut ditopang oleh Arsitektur Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menjaga keterpaduan dan keselarasan langkah dalam penerapan transformasi digital.


Berita Lainnya

Selengkapnya